Menikmati Eksostisme Pantai Sundak

18
Kita bisa menyusuri Pantai Sundak dengan berjalan melintasi pasir lalu menyusuri perairan dangkal serta karang yang cukup luas dan jaraknya sekitar 100 meter sebelum bertemu ombak Laut Selatan yang ganas. Foto: ALUMNINGGRIS.COM/Wisesa
Kita bisa menyusuri Pantai Sundak dengan berjalan melintasi pasir lalu menyusuri perairan dangkal serta karang yang cukup luas dan jaraknya sekitar 100 meter sebelum bertemu ombak Laut Selatan yang ganas. Foto: ALUMNINGGRIS.COM/Wisesa

ALUMNINGGRIS.COM, GUNUNGKIDUL – Kabupaten Gunungkidul memiliki beragam pantai yang memiliki keindahan dan ciri khasnya masing-masing, salah satu pantai yang dijadikan destinasi wisata bagi wisatawan adalah Pantai Sundak.

Panorama alamnya sedap dipandang mata, Pantai Sundak juga memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki pantai lainnya, yakni perairan dangkal dan aliran air tawar yang mengalir dari dari tebing-tebing di bibir pantai, ini eksostisme Pantai Sundak.

Selain bermain di pasir pantai, kita bisa menyusuri Pantai Sundak, berjalan melintasi pasir lalu menyusuri perairan dangkal serta karang yang cukup luas dan jaraknya sekitar 100 meter sebelum bertemu ombak Laut Selatan yang ganas.

Di kawasan dangkal ini sebenarnya area batuan karang dan memiliki ceruk- ceruk yang membentuk kolam-kolam kecil yang menjadi tempat tinggal ikan-ikan kecil, landak laut, keong laut, hingga kepiting kecil.

Baca juga: Pembantu Jadi Direktur Utama

Banyak hal bisa dilakukan di area ini seperti berenang, mencari dan menangkap ikan, keong, dan kepiting.

Air di dalam ceruk atau kolam kecil ini terbilang jernih sehingga kita dapat ikan-ikan kecil berenang, keong, serta kepiting yang hidup di dalamnya.

Duduk santai berendam seraya menikmati pemandangan dan deburan ombak Laut Selatan yang ganas. Foto: ALUMNINGGRIS.COM/Wisesa

Kita bisa membeli jaring kecil dan ember kecil untuk menangkap makhluk-makhluk kecil tersebut.

Selain itu, kita juga bisa sekadar berjalan-jalan menyusuri karang dan perairan dangkal atau duduk berendam di ceruk-ceruk karang menikmati panorama deburan ombak besar Laut Selatan.

Spot ini juga pas bagi kita melakukan swafoto dengan latar belakang Laut Selatan dan hasilnya tentu saja dipastikan instagramable.

Menangkap ikan-ikan kecil dan kepiting yang berenang di dalam ceruk-ceruk karang. Foto: ALUMNINGGRIS.COM/Wisesa

Walau area ini terbilang aman, namun para pengunjung tetap mesti waspada, terutama tidak mencoba berenang di area yang berhadapan langsung dengan ombak Laut Selatan karena perairan ini terkenal memiliki ombak yang besar dan arus laut yang kuat.

Ada peringatan agar pengunjung tidak berenang di laut.

Air Tawar Sungai Bawah Tanah

Hal unik lainnya dari Pantai Sundak adalah aliran air tawar yang mengalir dari tebing-tebing di bibir pantai.

Air tersebut keluar dari celah-celah tebing yang dipercaya di bawah tebing batu itu ada semacam aliran sungai bawah tanah.

Aliran air yang keluar ada yang besar dan kecil dan mengalir dari bibir pantai ke laut.

Air tawar bercampur dengan air laut dan fenomena ini langka dapat ditemui tempat lain.

Aliran air tawar yang mengalir dari celah-celah dinding batu karang di Pantai Sundak. Foto:ALUMNINGGRIS.COM/Wisesa

Selain panorama pantai, kita bisa menikmati kesenian rakyat Jatilan atau Kuda Lumping yang dipadu alunan musik campur sari yang menggunakan alat musik tradisional seperti gendang, gong, serta alat musik modern seperti gitar, bas, dan drum.

Kesenian rakyat ini mementaskan para penari pria yang menari hingga dalam keadaan tidak sadar atau trance.

Dalam kondisi tidak sadar mereka melakukan aktivitas-aktivitas di luar nalar seperti makan pecahan kaca, hio, rumput, mengupas kulit buah kelapa dengan gigi, hingga kebal senjata tajam.

Mereka baru bisa disadarkan setelah sang pawang merapal doa atau mantra tertentu.

Atraksi Kuda Lumping ini digelar di lapangan dekat area parkir.

Biasanya, kesenian Kuda Lumping ini diadakan saat akhir pekan atau saat hari libur nasional.

Atraksi Kuda Lumping atau Jatilan rutin digelar di Pantai Sundak pada akhir pekan atau hari libur nasional. Foto: ALUMNINGGRIS.COM/Wisesa

Lokasi Pantai Sundak berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai ini dapat di jangkau sekitar dua jam perjalanan dari Kota Yogya menggunakan kendaraan pribadi.

Baca juga: Telkomtelstra Dorong Transformasi Digital di Indonesia

Selain itu, Pantai Sundak dapat dijangkau lewat rute ke arah Wonosari atau pun Imogiri.

Jalan yang ke arah Wonogiri lebih mudah dan lebih besar karena sering dilalui para wisatawan yang ingin berwisata ke daerah Gunungkidul.

Sementara jalan yang ke arah Imogiri lebih sepi tetapi memiliki pemandangan yang tidak kalah indah selama dala perjalanan, namun jalannya sempit karena ini seperti jalur alternatif.

Jadi saat berlibur ke Yogyayakarta, Solo, dan sekitarnya, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Sundak dan nikmati pesonanya. Wisesa