Nikmatnya Kuliner Negeri Laskar Pelangi

18
Mie Atep merupakan perpaduan mie yang lembut dialasi daun simpor, ditambah dengan sepotong telur ayam, irisan tahu, kentang dengan diberi sayuran tauge, dan irisan mentimun disiram kuah kaldu udang dengan bumbu lengkuas, bawang putih, kemiri, garam dan gula terakhir diberi taburan emping menambah nikmatnya mie khas Belitung. Foto: ALUMNINGGRIS.COM/Dhodi Syailendra
Mie Atep merupakan perpaduan mie yang lembut dialasi daun simpor, ditambah dengan sepotong telur ayam, irisan tahu, kentang dengan diberi sayuran tauge, dan irisan mentimun disiram kuah kaldu udang dengan bumbu lengkuas, bawang putih, kemiri, garam dan gula terakhir diberi taburan emping menambah nikmatnya mie khas Belitung. Foto: ALUMNINGGRIS.COM/Dhodi Syailendra

ALUMNINGGRIS.COM, BELITUNG – Pulau Belitung tidak hanya kaya akan beragam wisata budaya dan alamnya, keanekaragaman kuliner yang menggoda lidah bisa dinikmati di Negeri Laskar Pelangi ini.

Dengan sejarah budaya yang sangat mengangumkan, keindahan pantainya yang menawan, panorama alam yang eksotis bak surganya dunia, dengan penduduknya yang ramah tamah, dan suasana Belitung yang tenang dan nyaman, rasanya tak puas jika hanya sebentar berada di salah satu pulau besar di Provinsi Bangka Belitung.

Baca juga: Mengamati Keunikan Tarsius Langka dari Bukit Peramun

Selain menikmati panorama alam, Anda dapat merasakan nikmatnya berbagai macam kuliner yang ada di Belitung ini, antara lain:

Mie Atep

Mie Atep menggoda selera makan. Foto: ALUMNINGGRIS.COM/Dhodi Syalendra

Warung makan ini telah eksis sejak 1973, sudah 46 tahun dan setia melayani pembeli.

Sudah banyak pejabat maupun artis yang mengunjungi Mie Atep ini, karena wisatawan yang berkunjung ke Belitung pasti singgah untuk menikmati Mie Atep yang sangat terkenal di Belitung.

Perpaduan mie yang lembut dialasi daun simpor, ditambah dengan sepotong telur ayam, irisan tahu, kentang dengan diberi sayuran tauge, dan irisan mentimun disiram kuah kaldu udang dengan bumbu lengkuas, bawang putih, kemiri, garam dan gula terakhir diberi taburan emping menambah nikmatnya mie khas Belitung.

Kuliner akan lebih nikmat jika dibarengi dengan minum minuman jeruk kunci hangat.

Nasi Rimba

Nasi Rimba merupakan kuliner pas untuk para vegetarian. Foto: ALUMNINGGRIS.COM/Dhodi Syailendra

Mau menikmati Nasi Rimba maka kita harus mengunjungi Geo Theater Alam Bahagia atau dikenal dengan Pasar Rimba terlebih dahulu, karena nasi rimba adalah kuliner khusus vegetarian yang berada dalam lingkungan Destinasi Geo Theater Alam Bahagia.

Seluruh makanan di Pasar Rimba ini berbahan dasar jamur, ubi, gandum dan juga kacang-kacangan.

Seperti pempek terbuat dari kentang, sate terbuat dari gandum, bakso berbahan baku jamur. Semua sayuran dan buah-buahan organic yang langsung dipanen.

Menu utama yaitu Nasi Rimba, seperti Nasi Padang, rendangnya yang terbuat dari jamur, rasanya persis seperti rendang dari daging sapi, tempe goreng dengan rasanya sangat berbeda.

Nasi Rimba bisa dinikmati siapapun yang ingin hidup sehat dan kembali ke alam.

Kopi Kong Djie

Kopi Kong Djie merupakan racikan kopi dan susu yang unik dan digemari warga Pulau Belitung. Foto: ALUMNINGGRIS.COM/Dhodi Syailendra

Meski bangunannya sederhana, kedai kopi yang terletak di Jalan Siburik, Belitung, ini selalu ramai dikunjungi para penikmat kopi.

Bahkan kedai kopi Kong Djie sudah ekspansi ke beberapa daerah.

Baca juga: Mandiri Berbisnis di Lautan

Menu favorit di kedai kopi ini adalah kopi hitam, kopi susu dan teh susu dengan racikan khas membuat kopi Kong Djie berbeda dengan kopi lainnya.

Kopi Kong Djie menggunakan kopi robusta dari Lampung dan arabika dari Jawa.

Buka jam 6 pagi sampai jam 11 malam dan harga per gelas mulai dari Rp8.000,00 sampai Rp15.000,00. Wisesa