Sensasi Menyelam Dalam Jutaan Galon Air Mineral

78
Menyelam dan berswafoto di dalam air yang jernih serta bersih bak jutaan galon air mineral dengan ditemani ratusan ikan-ikan air tawar di Umbul Ponggok, itu sungguh pengalaman yang berbeda, punya greget, unik, dan cukup memompa adrenalin. Foto: ALUMNINGGRIS.COM/Wisesa
Menyelam dan berswafoto di dalam air yang jernih serta bersih bak jutaan galon air mineral dengan ditemani ratusan ikan-ikan air tawar di Umbul Ponggok, itu sungguh pengalaman yang berbeda, punya greget, unik, dan cukup memompa adrenalin. Foto: ALUMNINGGRIS.COM/Wisesa

ALUMNINGGRIS.COM, KLATEN – Melakukan selfie atau swafoto dengan latar belakang taman, museum, gunung, pantai, atau di tempat tertentu yang punya kekhasan tersendiri mungkin itu bisa dikatakan pengalaman biasa.

Namun cobalah menyelam dan berswafoto di dalam air yang jernih serta bersih bak jutaan galon air mineral dengan ditemani ratusan ikan-ikan air tawar, itu sungguh pengalaman yang berbeda, punya greget, unik, dan cukup memompa adrenalin.

Pengalaman fantastis dan sensasional itu bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke kolam sumber mata air Umbul Ponggok yang berada di Jalan Delanggu – Polanharjo, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Masuk ke area kolam, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp15.000,00. Luas kolam Umbul Ponggok ini sekitar 50 x 25 meter, sedangkan rata rata kedalaman kolam mencapai 1,5 sampai 2,6 meter.

Baca juga: Mengamati Keunikan Tarsius Langka dari Bukit Peramun

Umbul Ponggok memiliki arus air bersahabat dengan sumber mata air jernih serta bersih sehingga nampak segar.

Mata bisa melihat jelas di dalam air, namun dianjurkan agar Anda menggunakan kacamata renang atau google saat berenang dan menyelam sehingga bisa lebih leluasa melihat ribuan ikan berenang hilir mudik.

Umbul Ponggok destinasi wisata lokal yang menarik di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Foto: Tribunnews.com

Kolam Umbul Ponggok ini berbeda dengan kolam renang buatan manusia.

Bila kolam renang buatan pada umumnya menggunakan dasar lantai dari keramik, maka kolam Umbul Ponggok hanya berlantai hamparan pasir bersih, bebatuan alami, serta dihuni ribuan ikan berwarna-warni yang berenang bebas ke sana ke mari seperti di lautan lepas.

Sumber mata air kolam Umbul Ponggok terus mengalir setiap saat dalam debit yang besar bahkan di musim kemarau sekalipun.

Hal ini membuat kolam selalu terlihat jernih serta bersih.

Keberadaan ikan-ikan seperti koi, kakap air tawar, gurame, nila, mujair, serta ikan emas di kolam tidak berbau amis.

Air kolam Umbul Ponggok terus mengalami sirkulasi secara alami karena air kolam lantas dialirkan keluar menuju area persawahan warga.